RSS

Minggu, 19 Agustus 2012

Bagaimana Cara Memperbaiki Kesalahan Cyclic Redundancy Check

Cyclic Redundancy Check (CRC) adalah sebuah kesalahan (error) teknik pemeriksaan pada komputer, terutama pada cakram keras (hard drive) atau cakram optik (seperti DVD/CD). Kesalahan Cyclic Redundancy Check disebabkan karena data yang ada pada hard-drive atau DVD rusak (corrupt).




1) Cari penyebabnya. Misalnya kesalahan CRC ada pada hard drive, kemungkinan penyebabnya ada pada data yang tidak secara benar dituliskan (written) ke hard drive. Hal ini bisa disebabkan oleh sistem operasi yang rusak (corrupt), atau terputusnya suplai listrik.

2) Untuk memperbaiki kesalahan CRC hard disk, jalankan aplikasi CHKDSK. Di "My Computer", klik kanan hard drive tersebut dan klik "properties".

3) Cara lainnya adalah untuk menjalankan perintah tersebut dari command prompt seperti diterangkan berikut ini:
1. Jalankan CMD sebagai Administrator, masuk ke Start > Run > ketikkan cmd
2. Ketikkan chkdsk G: /f /r ( 'G' menunjukkan Drive yang akan diurus [bisa E, F H, I, dll tergantung kondisi), enter
2a. Tunggulah dengan sabar, bisa jadi proses CHKDSK ini berlangsung lama, seperti pada kasus saya.
3. Lalu, ketikkan DiskPart dari jendela command prompt yang sama, enter.
4. Setelah fungsi DiskPart aktif, ketikkan rescan lalu enter.
5. Semoga masalah itu akan teratasi dan Anda dapat segera menjelajah disk Anda.


Bila sebuah cakram optik (misalnya DVD/BD/CD) melaporkan kesalahan CRC, seharusnya tidak ada cara untuk memperbaikinya. Jika Anda memasukkan data ke disk tersebut oleh Anda sendiri, cobalah masukkan data tersebut ke disk yang lain, kali ini dengan kecepatan yang lebih rendah. Disarankan kecepatan 4x, terutama bila memasukkan sistem operasi (misalnya Ubuntu LiveCD) ke sebuah disk. Semakin tinggi keceptan pemasukan data, semakin tinggi pula peluang terjadinya kesalahan.

Disk bisa mendapatkan kesalahan CRC jika terjadi guratan atau luka pada disk. Cobalah bersihkan disk dengan membeli perlengkapan servis guratan untuk memperbaiki luka itu (jika kecil) apabila data pada disk sangat penting bagi Anda.

Pada hard drive, kesalahan CRC bisa jadi merupakan bukti bakal adanya kegagalan hard drive jika kesalahan itu terus dilaporkan. Cadangkan (Back up) segala data penting, untuk jaga-jaga saja.

Sumber:
How to Fix a Cyclic Redundancy Check Error - wikiHow
Pengalaman

Entri ini dirilis berdasarkan terjemahan dari sumbernya di situs Internet wikiHow dan diterjemahkan oleh Ano Tachi dan hanya diterbitkan di situs blog Internet http://ansalhaz.blogspot.com. Dengan menyalin dan menerbitkan entri terjemahan ini, Anda setuju dengan penyantuman atribusi (penyebutan sumber) yaitu alamat situs wikiHow terkait dan ansalhaz.blogspot.com pada salinan dan terbitan tersebut. Pelanggaran terhadap persetujuan ini dianggap merupakan penyelewengan kekayaan intelektual dan dapat menimbulkan persengketaan dan dapat mengarah ke penuntutan hukum.

10 komentar:

iNfO ™SMANDA XE™ mengatakan...

thx gan...

sangat membantu!!!

njup mengatakan...

terima kasih banyak bro
akhirnya bisa dipindah juga...

Unknown mengatakan...

alhamdulillah.....solusinya jitu....hatur nuhun pisan

Unknown mengatakan...

file nya gak ke format semua kan? isinya file penting semua ini :( tolong,,

Unknown mengatakan...

i think this step is worse. not work for mine

Unknown mengatakan...

thanks gan, sangat bermanfaat

Ikwan Bryant mengatakan...

gan kalau hdd eksternal kaya gitu bagaimana gan ? hdd eksternal sayakan unlocated gan nah pas saya coba pakai disk management di situ saya di suruh pilh MBR atau GPT tapi setelah saya pilih salah satu malah muncul pesan data error (Cyclic Redundancy Check ) hdd eksternal saya itu bagaimana gan cara memperbaikinya ?

Jokowi mengatakan...

Masih susah. Org drive gak ada letternya

Unknown mengatakan...

Senasib kang. Gmna skrg hdd nya udh oke lagi kah???

kris dhon mengatakan...

gan kalau hdd eksternal kaya gitu bagaimana gan ? hdd eksternal sayakan unlocated gan nah pas saya coba pakai disk management di situ saya di suruh pilh MBR atau GPT tapi setelah saya pilih salah satu malah muncul pesan data error (Cyclic Redundancy Check ) hdd eksternal saya itu bagaimana gan cara memperbaikinya ?

Posting Komentar